News Update :
INFO UNTUK ANDA : KETUA DPC : HERYANTO SEKUM DPC : ABI BENDAHARA : SULAEMAN BERSAMA MELAYANI RAKYAT #PKSPelayanRakyat ■

Kader PKS Ini Galakkan Gerakan Peduli Lingkungan

Selasa, 22 April 2014


image
Direktur Bank Sampah Resik Bechik, Ika Yudha membuka kegiatan Jalan Sehat di sekitar hutan kota Krobokan
SEMARANG, PKS Jateng Online - Lebih dari 500 nasabah dan masyarakat meriahkan gathering Bank Sampah Resik Bechik, Minggu (20/4). Acara yang dimulai sejak pukul 06.00 WIB itu dimulai dengan senam bersama dan jalan sehat mengelilingi hutan kota, Jl. Sawojajar II, Krobokan.


Direktur Bank Sampah Resik Bechik, Ika Yudha dalam sambutannya menghimbau agar melakukan pilah sampah dari rumah masing - masing. Karena, jika dibuang sembarangan, akan menumpuk dipinggir sungai, bahkan bisa membentuk pulau sampah.


"Daripada hidup di pulau sampah, kita mulai dari diri kita sendiri utuk mengatur sampah - sampah kita. Supaya bumi kita juga sehat," katanya.


Ditanya terkait pengelolaan sampah, Ika menjelaskan untuk sampah plastik diolah menjadi barang bernilai guna, seperti tas dan kantong - kantong yang bisa dipergunakan berulang kali. Adapun sampah organik, dimasukkan ke lubang biopori, untuk mengembalikan fungsi tanah agar lebih subur.


Omzet Bank Sampah Resik Bechik ini, katanya, bisa mencapai lebih dari Rp 1 juta per pekannya. Perputaran yang cukup cepat selama dua tahun terakhir, membuat Bank sampah tersebut merasa dimiliki oleh masyarakat setempat. Akhirnya dengan kesadaran sendiri, masyarakat sudah menyetor sampah plastik ke gerai Bank Sampah miliknya itu.


"Awalnya iseng - iseng saja, lama - lama masyarakat memberikan dukungan. Kemudian saya membuka gerai Bank Sampah di rumah," terang Ika.


Dalam acara ini juga dilakukan simulasi pembuatan lubang biopori di sekitar hutan kota, Krobokan. Menurutnya, hal itu penting untuk menggalakkan kembali masyarakat supaya membuat lubang biopori di sekitar rumah mereka masing - masing.


Salah satu peserta, Dewi mengaku tertarik dan memberikan dukungan penuh terhadap gerakan cinta lingkungan tersebut.


"Bu Ika mengarkan langsung pilah - pilah sampah rumah tangga ini. Lalu saya setor langsung ke Bu Ika. Beberapa waktu kemudian, saat kembali datang untuk setor sampah. Ternyata sampah tersebut sudah menjadi berbagai macam tas, baju dan topi. Jadi senang melihatnya," ungkapnya.


Selain berkecimpung di Bank Sampah, sebelumnya Ika Yudha juga dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang dari Daerah Pemilihan 1 meliputi Semarang Barat dan Semarang Selatan.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright OFFICIAL SITE DPC PKS TAMANSARI 2010 -2011 | ReDesign by DPC PKS TAMANSARI | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.